Menag Dorong Program Kemenag Peduli pada Peringatan HAB Ke-74

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Sejumlah wilayah di Indonesia dilanda musibah banjir pada awal tahun 2020 ini. Melihat hal tersebut, Menteri Agama Fachrul Razi pun mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama untuk dapat terpanggil membantu dan meringankan beban masyarakat yang terdampak.  

Ajakan ini disampaikan Menag usai memimpin Upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-74 Kementerian Agama, di Kantor Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng Barat, Jakarta.  

“Kita tahu, di awal tahun ini banyak teman-teman kita yang mengalami musibah banjir. Jadi, saya mendorong seluruh ASN Kemenag untuk terpanggil membantu dan ikut terlibat dalam program Kemenag Peduli,” ajak Menag, Jumat (03/01).

Melalui program ini, Menag Fachrul Razi mendorong jajarannya untuk melakukan pengumpulan dana atau bantuan apa pun untuk meringankan beban masyarakat terdampak.  

“Tolong dikoordinasi di masing-masing unitnya. Pilih tempat-tempat yang terdampak, kalau bisa yang ada teman-teman ASN Kemenag yang terdampak di sana. Kalaupun gak ada juga gak apa, tetap kita bergerak untuk bantu,” pesan Menag.  

Menag berharap, dengan program Kemenag Peduli dapat memberikan dampak yang besar bagi masyarakat. “Jadi, unit kita kan banyak, nanti semua unit mencar di seluruh pelosok, nanti memilih sesuai daerah-daerah yang paling terdampak lah,” ujar Menag.  

Kemenag Peduli ini bukan pertama kali dilakukan. Pada tahun 2019 lalu, inisiatif penggalangan dana dan bantuan oleh ASN Kemenag juga telah dilakukan saat terjadi sejumlah bencana alam. Mulai dari memberikan bantuan kepada penyintas tsunami di Banten, gempa Lombok, hingga likuifaksi di Palu. 

“Ini kan bukan pertama kali dilakukan. Saya kira ASN kita sudah terbiasa melakukan ini,” ujarnya.  

  “Kali ini saya minta ini didokumentasikan, dan dilaporkan ke Sekjen. Mereka (unit kerja) sendiri menata dan mengkoordinasikan program ini, dan nanti kalau ada yang perlu kita support akan kita support,” tutup Menag.(p/ab)